Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Ekonomi Beri Pemahaman Tentang Sisternet Literasi Digital

Beri Pemahaman Tentang Sisternet Literasi Digital

Tanggal : Pukul :
102
0
Head Of Sales Greater Palembang, Ferdinan Oktavian saat memberikan paparan tentang XL(Maya/detiksumsel.com)

Palembang, Detik Sumsel – Palembang menjadi kota ke empat setelah Medan, Lampung dan Pekan baru untuk kegiatan literasi Sisternet yang melibatkan para ibu-ibu dan juga para blogger, karena sejauh ini banyak ibu rumah tangga yang mengunakan internet.

Untuk Palembang XL Axiata bekerjasama dengan Bloggercrony Community (BCC)
di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu
(14/09).

Group Head XL Axiata West Region, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, diera serba digital seperti saat ini, tantangan yang sesungguhnya bagi setiap orang tua adalah bagaimana memastikan sarana digital yang diakses oleh anak-anaknya memberikan manfaat positif sesuai dengan usianya.

Dunia maya tak ubahnya hutan belantara bagi siapa saja yang tidak memiliki pemahaman yang mencukupi tentangnya. Jika tidak cermat dan hati-hati akan bisa tersesat dan terjebak. Padahal, internet atau dunia maya juga menawarkan manfaat yang sangat besar bagi umat manusia, termasuk bagi pendidikan anak.

“Sejak diluncurkan pada 2015, Program Sisternet menjadi pelopor dalam menginisiasi solusi bagi beragam permasalahan sosial yang kerap kali dihadapi kaum perempuan, termasuk para ibu,”jelasnya.

Ia menambahkan, Sisternet ini merupakan salah cara dalam mengawasi aktivitas digital anak-anaknya guna menghindari dampak negatif yang bisa timbul.

Perlu pengetahuan, pemahaman, dan keahlian untuk melakukan pengawasan itu. Parenting Festival ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana para orang tua untuk memahami pentingnya adaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

Ada sekitar 100 peserta mengikuti acara yang berlangsung di Logo House Fashion Food and Bar, Palembang ini. Secara khusus acara ini dibuka oleh Head of Sales Greater Palembang, Ferdinan Oktavian yang hadir dalam acara ini. Selain itu, hadir pula sebagai pembicara, Dosen Psikologi, konselor, Praktisi Pendidikan & Parenting, Tsurayya Syarif Zain, S.Pd.I., S.Psi., M.A yang akan membawakan materi mengenai peran orangtua modern yang memahami kemajuan zaman dan teknologi.

Sementara itu Head Of Sales Greater Palembang, Ferdinan Oktavian mengatakan, dalam program ini pihakny bekerjasama dengan LSM dan konten profaider untuk memastikan kalau internet tidak digunakan untuk hal yang negatif.

“Dipilihnya palembang sebagai salah satu kota pelaksanaan sisternet ini, karena dari total penguna internet di Palembang, hampir 57 persen mengunakan jaringan XL,” katanya .

Pihaknya mengharapkan dengan kegjatan serupa secara tidak langsung dapat memberikan pemahaman kepada ibu-ibu bagaimana caranya untuk protek pengunaan internet terutama anak-anak dari konten yang membahayakan.

Program Sisternet XL Axiata juga menyediakan konten video yang berisi beragam modul pintar dalam bentuk video dan artikel terkait literasi digital bagi para Ibu di Indonesia. Keseluruhan informasi tersebut dapat diakses melalui https://www.sisternet.co.id/modulpintar. Di setiap kota, tersedia 100 kursi untuk peserta. Masyarakat yang berminat mengikuti, bisa mendaftar dengan cara menjadi member Sisternet di https://www.sisternet.co.id/page/event.

Sedangkan pendiri Digital Kreativ Hub & Founder Bloggercrony Community, Wardah Fajri memberikan materi tentang peranan orang tua untuk melakukan pengawasan langsung terhadap anak dalam menggunakan gadget. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here