Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Politik Berebut 75 Kursi, Sebanyak 939 Caleg DPRD Sumsel Dipastikan Tumbang

Berebut 75 Kursi, Sebanyak 939 Caleg DPRD Sumsel Dipastikan Tumbang

Tanggal : Pukul :
1257
0
Ilustrasi

Palembang, Detik Sumsel- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) menetapkan 1.014 daftar calon tetap (DCT) DPRD Sumsel. Mereka akan memperebutkan 75 kursi dari 10 daerah pemilihan (Dapil) untuk menjadi wakil rakyat periode 2019-2024 mendatang.

Pertarungan sengit pun bakal terjadi, adu strategi, kekuatan jaringan dan modal kampanye menjadi penentu. Karena hanya ada 75 kursi di DPRD Sumsel, berarti dipastikan Sebanyak 939 calon anggota legislatif (Caleg) dipastikan tumbang.

“Alokasi kursi DPRD Sumsel sebanyak 75 kursi,” kata ketua KPU Sumsel, Aspahani kepada Detik Sumsel usai mencermati DCT bersama Parpol dan Bawaslu di KPU Sumsel, Kamis (20/9).

Baca Juga :   Perketat Pengawasan Mulai dari TPS

Dari 1.014 DCT yang ditetapkan, sebanyak 406 diantaranya perempuan atau sekitar 40,04 persen perempuan. Sedangkan sisanya sebanyak 608 Caleg adalah laki-laki. “Jadi DCT sama dengan DCS kemarin, karena sebelum penetapan KPU tidak menerima sanggahan dari masyarakat,” ungkapnya.

Aspahani memastikan tidak ada perubahan lagi terhadap DCT.  Termasuk soal putusan MA karena tidak ada Bacaleg untuk DPRD Sumsel berlatar belakang narapidana korupsi, asusila dan narkoba.

Baca Juga :   Adakan Giat Sosialisasi Melalui Nobar

“Kita sudah menerima surat edaran dari KPU RI terkait putusan MA tersebut. Untuk Caleg Provinsi, tidak ada yang bekas Napi korupsi, asusila maupun narkoba” terangnya.

Masih menurut Aspahani, untuk mantan Napi dari tindak pidana umum harus mengumumkan di media masa. “Baru 2 yang mengumumkan ke Publik, 1 calon DPD dan satu lagi dari caleg Pagaralam, itu sepengetahuan saya,” tukasnya.(Pen)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here