Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Belasan Lapak PKL Membandel Diangkut Paksa

Belasan Lapak PKL Membandel Diangkut Paksa

Tanggal : Pukul :
232
0
Petugas Satpol PP Lahat saat mengangkut lapak PKL. Foto Istimewa.

Lahat, Detik Sumsel — Kesal terhadap pedagang kaki lima (PKl red) yang masih membandel. Sekda Lahat, Januarsyah Hambali, turun tangan secara langsung menindak sejumlah PKL di Kota Lahat. Diantaranya PKL disepanjang ruas jalan protokol Kol H Burlian, Kelurahan Pasar Lama Kota Lahat. Pasar Lematang, dan di depan Balayasa JL Prof Emil Salim.

Menariknya kekesalan Januarsyah terhadap PKL bandel ini, nampaknya sudah tidak terbendung lagi. Januarsyah bahkan sempat melakukan penendangan terhadap lapak PKL, di ruas jalan protokol Kol Burlian, yang sudah melanggar kesepakan.

“Sudah berapa kali diperingatkan, agar tidak berjualan di area ini. Kita sudah persiapkan lapak di Pasar Kangkungan, sebagai solusinya,” ujar Januarsyah.

Setidaknya 11 lapak PKL yang mayoritas pedagang buah kelapa muda, gerobak es, diangkut paksa ke markas Satpol PP Lahat. Sebelumnya agar area tersebut tertib, rapi, dan bersih. PKL yang berjualan persis dibadan jalan ini, diberi keringanan boleh berjualan setelah lewat pukul 16.00 WIB. Namun nyatanya PKL melanggar kesepakan dengan berjualan sejak pagi hari.

“Aturannya sudah jelas, tidak boleh berjualan di area itu. Sudah 2 kali diberi peringatan, kesepakatan juga kembali dilanggar. Terpaksa kita ambil tindakan tegas, tidak boleh lagi berjualan di lokasi itu meskipun malam hari,” terang Kasat Pol PP Lahat, Fauzan, melalui Kasi Tibum, Dian Hayati SH.

Sementara, Yayan (36) pedagang buah kelapa muda di jalan protokol Kol Burlian membenarkan sudah ada dua kali surat peringatan. Hanya saja dalam surat tersebut tidak tercantum, apakah gerobak ataupun lapak boleh ditinggalkan atau harus dibawa pulang.

“Ya tahu, boleh berjualan kalau sudah pukul 16.00 WIb. Kalau pindah ke Pasar Kangkungan, siapa yang mau beli. Seharusnya peringatan itu juga harus jelas isinya, agar kami bisa menaati aturan,” elak Yayan. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here