Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Pendidikan Bahas Hubungan Politik, Islam dan Negara. Yuk, Hadiri Seminar Kebangsaan Prodi Politik...

Bahas Hubungan Politik, Islam dan Negara. Yuk, Hadiri Seminar Kebangsaan Prodi Politik Islam

Tanggal : Pukul :
423
0
Kegiatan seminar Kampus UIN RF Palembang, Prodi Politik Islam

Palembang, Detik Sumsel– Program Studi (Prodi) Politik Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang bakal menggelar seminar kebangsaan di Academic Center, Kamis (12/10) nanti. Mengangkat tema ‘Meningkatkan optimisme generasi millenial guna menyongsong Indonesia maju berkuakitas”, seminar bakal menghadirkan keynote speaker Dr Mamat Salamat B M.Ag.

“Intinya berbicara tentang kajian politik berbasis kepada keislaman,” kata Ketua Prodi Politik Islam, Dr M Syawaluddin, Selasa (10/12).

Syawal menjelaskan, Prodi Politik Islam UIN Raden Fatah ini merupakan prodi tertua di Indonesia. Melalui seminar ini, diharapkan dapat mengenalkan bahwa ada perubahan tatanan hubungan politik dan Negara.

Baca Juga :   Alumni Beri Penghargaan Dosen di Milad Setengah Abad Fakultas Syari'ah UIN Lampung

“Kita ingin mengajak bahwa Islam juga mengajarkan tentang politik sekaligus hubungan Negara secara harmonis. Selain itu, kita juga ingin mendorong bangkitnya tatanan masyarakat Islam modern, moderasi dan terdepan atau berkemajuan,” ujarnya.

Menurut Doktor jebolan UGM ini, melalui kegiatan tersebutlah juga, pihaknnya mendorong agar tidak lagi ada perdebatan antara Islam dalam konteks kepemimpinan Bangsa.

“Kita hadir untuk memperkenalkan bahwa hal ini tidaklah perlu untuk diperdebatkan. Selama ini kita lihat bahwa dikalangan milenial sering kali berdebat disaat Pilpres sebelumnya dan hal tersebutlah menjadi acuan kita,” sambungnya.

Baca Juga :   Suami Istri Ini Berbarengan Dikukuhkan Jadi Profesor UIN RF Palembang

Masih menurut Syawal, apa yang terjadi sebelumnya tidak dapat dibiarkan, dikarenakan akan berdampak kepada meluasnya orentasi politik terhadap berbagai kelompok yang membuat ciri khas tersendiri bagi dirinya.

“Kalau di luar mungkin tidak teelalu kelihatan, tetapi kalau di kalangan Akademi atau kalangan Milenialis itu sangatlah terlihat. Kita hadir ialah untuk melihat dan menyatukan hal tersebut, bahwa kedepan yang perlu dibangun itu adalah tatanan Muslim modern, moderasi dan berkemajuan,” pungkasnya. (Wira)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here