Beranda Daerah Akreditasi Puskesmas di Lahat Terkendala SDM

Akreditasi Puskesmas di Lahat Terkendala SDM

Tanggal : Pukul :
613
0
Akreditasi Puskesmas di Lahat Terkendala SDM

Lahat, Detik Sumsel — Dari 33 Puskesmas yang ada di Kabupaten Lahat, baru ada sembilan Puskesmas yang sudah mendapatkan akreditasi dari Kementrian Kesehatan.

Sejumlah kendala seperti sumber daya manusia (SDM) di Puskesmas, hingga sarana dan prasarana yang ada. Membuat target semua Puskesmas mendapatkan akreditasi, menjadi terganjal.

Kabid Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Lahat, Darsyah alam, melalui Kasi Fastankes dan akreditasi, M Hadori SMK MPid membeberkan, selain sembilan Puskesmas yang telah terakreditasi, 10 puskesmas sudah di survey tahun 2017 namun belum keluar hasilnya. Empat puskesmas lain sudah diusulkan, namun belum dilakukan survey.

Baca Juga :   PT Arta Prigel Serahkan Bukti Kepemilikan Lahan

“Enam akreditasi dasar, tiga akreditasi madya. Ada delapan puskesmas lagi yang akan di survey diakhir tahun 2018, dan dua puskesmas lagi belum teregistrasi di Kemenkes,” beber Hadori, Senin (3/9).

Menurut Hadori, untuk mengejar akreditasi puskesmas, memang tidak mudah. Masalah clasik seperti kurangannya SDM yang ideal di setiap puskesmas. Seperti Dokter, tenaga analis, dan farmasi. Belum lagi soal sarana dan prasarana, yang masih belum sepenuhnya terpenuhi.

Baca Juga :   112 Pejabat Dimutasi, Haryanto: Jangan Banyak Janji, Buktikan dengan Kinerja

“Yang belum akreditasi, Puskesmas GGB Merapi Timur, dan Puskesmas Sukamerindu. Kebanyakan masih kekurangan tenaga. Jadi, solusinya kami maksimalkan yang ada,” ujarnya. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here