Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Ajak Masyarakat Kelolah Sampah Rumah Tangga

Ajak Masyarakat Kelolah Sampah Rumah Tangga

Tanggal : Pukul :
101
0
Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE MM MBA. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Guna mendukung program pemerintah pusat Indonesia Bersih dan Bebas Sampah 2025, yang mencanangkan pengurangan 30 persen timbunan sampah nasional dan 70 persen penanganan sampah. Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE MM MBA, keluarkan surat edaran tentang ajakan pengelolaan sampah rumah tangga, menuju Lahat Bercahaya.

Haryanto mengatakan, surat edaran ini sebagai penegas dari Perbup No 36 Tahun 2018, tentang kebijakan dan strategi dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga. Caranya dengan pemanfaatan dan pengolahan sampah dari sumbernya.

“Ini tentu perlu dukungan seluruh lapisan masyarakat Lahat. Manfaatnya juga untuk masyarakat sendiri. Seperti untuk kesehatan masyarakat, dan kualitas lingkungan hidup masyarakat,” kata Haryanto, Selasa (22/10).

Untuk mewujudkan hal itu, Haryanto meminta seluruh jajaran Pemkab Lahat, Camat, Kades, Lurah, BUMD, BUMN, Swasta, hingga seluruh tingkatan pendidikan di Lahat. Membawa sendiri botol air minum saat beraktifitas, serta tidak menggunakan snak kotak, air kemasan saat rapat. Agar mampu mengurangi tumpukan sampah. Selain itu, untuk pemanfaatan sampah. Kecamatan, kelurahan, desa, hingga sekolah, kiranya bisa membentuk Bank Sampah.

“Kalau saja sampah itu bisa diolah, dan bernilai ekonomis. Kan bisa jadi penghasilan tambahan masyarakat. Ayo kita sama-sama melakukan langkah-langkah itu, agar menjadikan Lahat kabupaten bercahaya perduli sampah,” ajak Haryanto. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here